MY SOUL N MY BODY

PR Checker

12.30.2012

Merencanakan Kehamilan


Kehamilan mungkin menjadi saat yang anda dan pasangan sangat nantikan, sebab pada buah hatilah tumpuan harapan dan masa depan anda berdua. Kehamilan merupakan proses yang sangat penting karena pada masa inilah anda memberi bekal yang akan menentukan tumbuh kembang sang buah hati seumur hidupnya. Bagi calon ibu, kehamilan menjadi masa yang penuh sejuta rasa, bahagia dan haru namun tak jarang diikuti dengan kebingungan dan kecemasan karena perubahan-perubahan pada tubuh.

Kelahiran sang buah hati adalah babak baru kehidupan anda sebagai orang tua. Diawal kehidupannya buah hati anda akan tumbuh dan berkembang dengan pesat, anda perlu memahami bagaimana merangsang dan mendukung tumbuh kembangnya.

Menjadi kerinduan kami untuk membantu dan menemani anda menyambut sang buah hati, maka kami persembahkan pembahasan materi Ibu dan Anak yang berisi informasi mengenai hal-hal penting dalam mempersiapkan dan menjalani kehamilan, di posting materi berikutnya kami akan menampilkan informasi menganaii tumbuh kembang buah hati sampai dengan usia remaja, beserta tips-tips untuk ayah dan ibu.

dalam merencakan kehamilan bukan saja keuangan yang harus dipersiapkan dengan matang, tapi juha kesehatan mental serta kondisi kejiwaan ibu akan sangat mempengaruhi kondisi kesehatan jjanin. Selain itu yang tak kalah pentingnya adalah persiapan fisik ibu, pastikan tubuh calon ibu sehat dan siap menyediakan tempat bagi pertumbuhan janin.


Mempesiapkan kesehatan fisik


Pre-marital check up

Calon Ibu dan ayah angat disarankan untuk menjalani pemeriksaan kesehatan guna mencegah komplikasi pada kehamilan pada anak yang akan dilahirkan dan menghindarkan pasangan suami/istri tertular penyakit yang dibawa pasangannya. Pemeriksaan yang dilakukan adalah pemeriksaan kesehatan yang secara umum dan pemeriksaan secara reproduksi. Anda dapat melakukan pemeriksaan dibanyak rumah sakit maupun laboratorium yang menyediakan paket pemeriksaan pre-marital yang juga dilengkapi dengan konsultasi dokter.

Pemeriksaan yang umum dilakukan : Hematologi rutin, Golongan darah dan faktor Rhesus, Gambaran darah tepi, Hemoglobin, Kadar gula darah, Glukosa puasa, Pemeriksaan liver (Anri-HBs), Pemeriksaan TORCH (Anti-Toxoplasma lgG, Anti Rubella lgG, Anti-CMV lgG)


Capai status gizi terbaik

Untuk mendapatkan status gizi baik, mulailah menjalankan pola makan sehat dan seimbang dari 4 bulan sebelum kehamilan.

Pengukuran Lingkar Lengan Atas

Calon ibu baiknya melakukan pengukuran Lingkar Lengan Atas (LLA) sebagai batasan mencapai status gizi normal, dinyatakan normal bila LLA > 23.5 sm.

Tingkatkan berat badan bila calon ibu kurus. Sebaliknya turunkan berat badan bila calon ibu kegemukan. Ingatlah bahwa calon ibu dengan berat badan berlebih akan menurunkan sel lemak yang besar dan banyaj pada janinnya, hal yang lebih dikhawatirkan adalah timbulnya komplikaso dari kegemukan seperti hipertensi pada kehamilan.



Pastikan Konsumsi makanan dengan pola seimbang

Pola makan yang seimbang tidak terlalu banyak gula mupun lemak dan bahan makanan yang bervariasi akan membantu anda mendapatkan asupan berbagai zat gizi.



Cukupi kebutuhan Vitamin E & Zinc

Vitamin E dan mineral Zinc selama ini dikenal sebagai penunjang kesuburan, baik untuk pria maupun wanita.

sebagai kesimpulan dalam materi kita kali ini, berikut adalah daftar keperluan perencanaan kehamilan :

  • Pre-marital test
  • Pemeriksaan darah (Faktor Rhesus)
  • Lingkar Lengan Atas (>23,5 cm)
  • Berat badan ideal (TB-100) x 0,9
  • Pemeriksaan TORCH, Hepatitis B, HIV
  • Menghentikan kebiasaan yang tidak sehat (merokok/perokok pasif, cafein, alkohol dan narkoba)
dan jika bagi ibu yang sudah mempunyai buah hati yang pertama, jangan lupa persiapkan kehadiran si kecil padanya. Perkenalan sang kakak pada adik bayinya, meski masih dalam kandungan. Bahkan sebelum anda hamil pun, ketika berencana, ada baiknya melibatkan putra/putri anda yang pertama. Meski berusia 2-3 tahun, mereka akan mendengar, belajar mengerti, memahami kehadiran adik barunya dan pasti menyayanginya juga. 



Materi tentang kehamilan yang dapat dibaca :

0 komentar:

Search

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | GreenGeeks Review