MY SOUL N MY BODY

PR Checker

2.16.2013

SUKSES MENYUSUI

Mengapa harus menyusui?,,,,,  ada manfaat yang akan dirasakan Ibu dan Bayi
Manfaat bagi bayi ;
ASI paling mengerti apa yang dibutuhkan bayi anda, ASI menyediakan semua kebutuhan mulai dari energi, protein, lemak, vitamin, mineral bagai sampai penguat sistem imun, yang membuat ASI begitu istimewa adalah semua zat gizi tersebut tersedia dalam benruk yang tebaik bagi pencernaan bayi anda, anda tak perlu khawatir apakah si kecil mampu menyerap, mengolah dan memanfaatkan makanannya, anda juga tidak perlu khawatir dengan alergi karena ASI tak kan menyebabkan si kecil alergi, jangan terpengaruh dengan berbagai iklan yang menonjolkan manfaat-manfaat susu formula beserta semua komposisi unggulan yang ditambahkan, ingat saja, ASI adalah makanan paling sempurna untuk bayi anda.
Berdasarkan penelitian didapatkan bayi yang mendapatkan ASI mengalami perkembangan lebih baik & cepat dibandingkan yang mendapatkan susu formula, dimana perkembangan daya pikir, daya ingat dan berbahasa juga lebih baik. Bila anda mencari keunggulan ASI dibandingkan susu formula anda akan menemukan begitu banyak penelitaian lain yang mengungkapkan keunggulan ASI, Berikanlah juga ASI yang baru keluar pertama kali (berwarna kekuningan) ASI inilah yang paling tinggi kandungan penguat sistem imunnya.
Pahamilah satu hal yang mungkin didapat dari susu formula, yaitu ikatan batin yang terjalin antar ibu dan bayi, buah hati anda akan merasakan betapa anda menyayanginya melalui dekapan dan sentuhan yang dirasakan, bahkan bayi anda akan mendengarkan musik yang pertama kali didengar dan dinikmati sepanjang usianya yaitu detak jantung ibu. Bayi andapun akan belajar tentang berbagi, memberi kasih sayang dan membangun percaya diri.
Manfaat bagi ibu ;
Ibu khawatir melihat bentuk badan yang tidak kembali normal setelah melahirkan? mari ibu, susuilah buah hati anda, dengan menyusui lemak dalam tubuh ibu akan diolah menjadi ASI, dengan menyusui ibu akan merasakan manfaat yang sangat besar dimana bentuk rahim akan cepat kembali normal, terhindar dari pendarahan setalah persalinan, mengurangi kemungkinan terkena kanker payudara, dan membuat psikologis ibu juga jadi lebih baik, dimana ibu merasa bangga dan bahagia karena dapat berguna bagi si kecil. Dengan segera menyusui ibupun dapat menunda kesuburan & mencegah kehamilan bahkan mengurangi kerepotan serta biaya rumah tangga.
Berikut diinformasikan bagaimana cara menyusui yang benar.
1. Terlebih dahulu cuci kedua tangan ibu dengan sabun sampai bersih,
2. Bersihkan kedua puting susu dengan kapas yang telah direndam dengan air hangat,
3. Waktu menyusui bayi, sebaiknya ibu harus duduk, Air susu akan mengalir lebih lancar apabila ibu rileks dan percaya diri,
4. Susuilah bayi anada bergantian dari susu sebelah kiri, lalu kesebalah kanan atau sebaliknya sampai bayi merasa kenyang dan menghentikan sedotannya,
5. Setelah selesai menyusui, bersihkan mulut bayi dan kedua pipinya dengan kapas yang telah di rendam dengan air hangat,
6. Tegakkan bayi ibu dan sandarkan  kepalanya di bahu ibu dan topang pantatnya dengan lengan ibu. Posisi bayi yang tegak, postur tubuh yang diluruskan, merupakah "posisi bersendawa" yang bagus, Tepuk atau usah punggungnya dengan tangan ibu yang satunya. Biasanya dia akan segera bersendawa,
7. Bila kedua payudara masih ada sisa ASI, keluarkan dengan alat pompa susu,
8. Makin sering bayi menyusui akan memperbanyak ASI yang diproduksi.

Idealnya menyusui dapat segera dulakukan begitu bayi lahir. Bayi yang lahir cukup bulan akan memiliki naluri untuk menyusu pada ibunya di 20 -30 menit setelah ia lahir kecuali bila bayi anda mengantuk akibat pengaruh obat ataupn anesteri yang diberikan ke ibu saat proses melahirkan. Di jam-jam pertama, bayi akan relatif tenang , terjaga dan memiliki kemampuan bawaan untuk menyusui dengan baik. Riset menunjukan bahwa bayi baru lahir yang diletakkan di perut ibu sesaat setelah ia lahir, akan mampu mencari payudara ibu dan menyusu dengan baik dalam kurun waktu kurang dari 50 menit, Memisahkan bayi dari ibunya sebelum hal tersebut dilakukan akan mebuat bayi kehilangan minatnya untuk menyusu. Akibatnya proses inisiasi menyusui mengalami hambatan oleh karena itu pastikan bahwa bayi mendapat kesempatan untuk melakukan proses inisiasi menyusi paling tidak satu jam pertama setalah ia lahir. Hal ini akan menunjang proses lancarnya ASI di kemudian hari.
Jangan menyerah bila ASI ibu tidak keluar atau bayi anda tidak mau menyusui, mintalah konsultasi dengan ahi laktasi, saat ini sudah banyak rumah sakit yang juga memiliki Klinik Laktasi.

Istirahat di tempat tidur
Istirahat di tempat tidur di hari-hari pertama menyusui adalah kinci awal keberhasilan menyusui, ibu dapat membawa buku atau majalah ataupun tv untuk dibawa ke kamar ibu. Siapkan juga snack dan minuman di dekat tempat tidur. Jadi ibu hanya berdiri jika ke kamar mandi. Meluangkan waktu menajakan diri sendiri dan menyusui bayi kapanpun ia inginkan, akan membantu kelancaran ASI.

Agar produksi ASI selalu optimal
Menyeimbangkan urusan menjaga produksi ASI agar optimal, menyusi dan mengurus keluarga adalah hal yang tidak mudah. Setiap hari ibu harus memenuhi kebutuhan bayi, keluarga dan diri sendiri. Terkadang sulit sekali bagi ibu untuk membagi perhatian dan menyeimbangkan urusan. Jika ini terjadi, jangan pernah memaksakan diri sendiri, Anda akan kelelahan jika berusaha memaksakan diri. Akibatnya produksi ASI yang tidak optimal. Bersikap ariflah dalam melalui proses ini. Ingatlah, anda butuh waktu banyak untuk mencitai bayi anda, sosok mungil yang baru lahir dan butuhwaktu singkat untuk tumbuh besar. Apabila makan Ibu tidak memenuhi kebutuhan nutrisi bayi maka tubuh ibu pun akan mengalami kekurangan zat gizi, hal ini dapat menyebabkan ibu sakit dan produksi protein untuk meningkatkan kualitas ASI, bila perlu minum tambahan vitamin dan mineral.
Sebaiknya ibu menggunakan BH khusus menyusui, BH ini menekan areola secara lembut sehingga puting menyembul keluar lubang. Lama kelamaan puting keluar secara permanen.

Tahukah anda, Perempuan terlihat paling menarik ketika sedang menyusui bayinya,,,,
Pancaran kebahagiaan, kelembutan dan kasih sayang keluar sempurna saat sedang menyusui,,,, 


Materi tentang kehamilan yang dapat dibaca :

0 komentar:

Search

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | GreenGeeks Review