MY SOUL N MY BODY

PR Checker

12.30.2012

Perkembangan Janin dan Ibu


Berbagai keluhan yang terjadi selama masa kehamilan tak jarang membuat ibu menjadi malas makan dan beraktifitas, padahla selama masa kehamilan, ibu harus benar-benar menjaga kesehatannya agar anak dalam kandungannya pun juga kuat terhadap serangan penyakit. Kita sering mendengar kalimat “ibu hamil harus makan 2x lebih banyak, untuk memenuhi kebutuhan ibu dan janinnya”. Kebutuhan akan nutrisi selama kehamilan memang meningkat namun tidak berarti ibu harus makan sangat banyak, yang terpenting adalah zat gizi yang terkandung (kualitas) bukan jumlah makanan yang dikonsumsi (kuantitas). Selama masa kehamilan seluruh jenis zat gizi diperlukan oleh ibu hamil. Pada tabel dibawah kami cantumkan kebutuhan akan zat gizi selama masa kehamilan.


Zat Gizi
Angka Kecukupan
Sumber
Energi
Lemak Total
Protein
Karbohidrat
Serat
Vitamin A
Vitamin D
Vitamin E

Vitamin K
Thiamin (B1)
Riboflavin (B2)
Niasin (B3)

Asam Folat

Asam Panthotenat
Pridoksin
Cianocobalamin (B12)
Vitamin C
Kalium

Natrium
Kalsium
Fosfor

Magnesium

Zat Besi
Yodium
Zink
Selenium

Mangan
Flour
2160 Kal
60 g
81 g
324 g
25 g
800 RE
5 mcg
15 mg

55 mcg
0,7 mg
1,4 mg
18 mg

600 mcg

7 mg
1,7 mg
2,6 mcg
90 mg
4700 mg

1500 mg
950 mg
600 mg

270 mg

33 mg
200 mg
14,7 mg
35 mcg

2 mg
2,7 mg
Protein, Karbohidrat, Lemak
Daging, Minyak
Daging, Telur, Ayam, Tempe, Kacang-kacangan
Nasi, Mie, Kentang, Roti, Ubi dll
Sayur & Buah
Hati, Kuning telur, sayur dan buah berwarna merag orange
Minyak ikan, susu, telur, keju, dll
Ikan, Ayam, Kuning telur, kecambah, ragi, minyak tumbuh-tumbuhan
Havermut, dll
Susu, kuning telur, sayuran segar, dll
Gandum, daging, susu, kacang hijau, ragi, beras, telur, dll
Sayur-sayuran segar, kacang kedelai, kuning telur, susu
Buah-buahan, gandum, ragi, hati, ikan , ginjal, kentang manis, daging
unggas
Brokoli, bayam, kacang-kacangan, telur, hati sapi, alpukat, pisang
Gandum
Daging, susu, sayuran hijau, ginjal, hati, kacang ijo
Kacang-kacangan, jagung, beras, hati, ikan, beras tumbuk, ragi, daging
Telur, hati, daging
Sayuran dan buah-buahan, jambu biji, jeruk, strawberry, pepaya
Sayuran dan buah, daging ayam, sapi, tomat, brokoli, kacang polong
Melon, pisang, dan jeruk
Hasil laut, Garam dapur
Ikan, udang, susu, kuning telur, dan daging sapi
Susu dan produk olahan susu, buncis, coklat, kacang-kacangan, bayam
Lombok cina, kangkung dan sayuran
Ikan, kacang almon kering, bayam, alpukat, pisang, kismis dan kacang
Mede
Hati, tiram, kerang, daging tanpa lemak, ayam/itik, ikan
Hasil laut
Daging merah, ayam, serel, makanan laut, padi-padian, kacang-kacangan
Kacang-kacangan, telur, daging tanpa lemak, seafood, Biji-bijian dan
Gandum
Biji-bijian dan serealia seperti jagung, beras dan gandum
Air minum, hasil laut



Yang sangat penting dan harus tercukupi untuk menunjang kesehatan calon ibu dan janin yang dikandungnya :


Cukupi kebutuhan asam folat minimal 600 µg


Asam folat amat penting untuk mencagah bayi dari kemungkian terkena Neural Tube Defect (cacat tabung syarat, gangguan otak serta sumsum tulang belakang). Asam folat banyak terdapat dalam sayuran hijau, hati, daging, dan buah-buahan berwarna merah dan jingga, padi, biji-bijian, kacang-kacangan, sayangnya proses pemasakan dapat menghilangkan asam folat sampai dengan 90%. Oleh karena itu sebaiknya ibu hamil mengkonsumsi asam folat kapsul atau tablet sesuai dosis yang ditentukan.


Zat Besi


Zat besi sangat diperlukan untuk pembentukan sel darah merah dimana selanjutnya sel darah merah bertanggungjawab mengantar sari-sari makanan dan oksihen kepada janin, selain itu juga mempersiapkan ibu pada saat persalinan. Zat besi mudah dijumpai dalam bahan makanan bahkan sering ditambahkan dalam susu-susu formula namun penyerapan zat besi mudah terganggu oleh kehadiran serat dan kalsium.


Vitamin B6


Pada awal kehamilan, biasanya sang ibu mengalami “morning sicness”. seperti mual dan muntah-muntah. ini adalah hal yang wajar, selama muntahnya tidak keterusan. Jika anda mengalami rasa mual tersebut, Vitamin B6 dapat membantu mengatasinya karena merupakan zat antimuntah.

Selain memenuhi nutrisi, ibu hamil juga sebaiknya mengehentikan kebiasaan merokok dan jauhkan diri dari asap rokok, hentikan konsumsi alkohol dan obat-obatan yang berpengaruh pada janin sedini mungkin, berbagai penelitian menunjukan bahwa rokok, alkohol dan obat-obatan seperti kokain, morfin dapat meningkatkan resiko keguguran, kelahiran prematur, dan lahirnya bayi dengan berat badan rendah.  Merokok juga berpengaruh pada kesuburan seseorang dan menurunkan jumlah sperma. Demikian juga kurangilah konsumsi kafein dari kopi, teh, coklat maupun obat flu dan sakit kepala akan mengganggu penyerapan vitamin dan mineral khususnya kalsium dan zat nesi yang sangat diperlukan selama kehamilan.



Contoh Menu Makanan untuk Ibu Hamil
Pagi
Siang
Malam
Nasi
Telur mata sapi
Kering tempe
Tumis kacang panjang
Segelas susu
Nasi
Ikan Goreng
Botok Tempe
Sayur asam
Pepaya
Nasi
Semur daging + Tahu
Orak-arik wortel + Kol
Pisang

Jam : 10.00
Jam : 16.00

Bubur kacang ijo
Kolak pisang









Peningkatan berat badan ibu
Yang diharapkan selama kehamilan

Ibu dengan berat badan kurang
     (IMT < 18,5) : 15 kg 20 kg

Ibu dengan berat badan normal
     (IMT 18,5 – 22,9) : 12,5 kg 15 kg

Ibu dengan berat badan berlebih
     (IMT > 22,9) : 7,5 kg 12,5 kg


IMT       : Indeks Masa Tubuh
Rumus  : Berat Badan (kg)
                Tinggu badan (m)2
Contoh : BB = 50 kg, Tb = 160 cm
                 =    50    = 19,5
                     (1,6)2   




Anda haus mencegah kemungkinan terjadinya infeksi selama kehamilan, misalnya untuk tokso, hindari memakan daging mentah, cucilah sayuran sebelum dikonsumsi, jika berkebun gunakan sarung tangan, jauhi hewan peliharaan (seperti kucing). CMV dan Herpes dapat menular melalui hubungan kelamin. CMV* jug amenular dari air seni anak atau bayi yang mengalami CMV, jadi hati-hati menukar popok atau celana bayi lain. Rubella ditularkan melalui percikan ludah atu batuk penderita Rubella, sehingga jangan dekat-dekat dengan anak yang mengalami demam dan keluar ruam.

*CMV = Cyto magalo Virus, termasuk keluarga virus Herpes

Selama hamil sedapatnya jangan makan obat selain dari dokter, terutama awal kehamilan. Susunan saraf terbentuk paling pesat selama 3.5 bulan pertama kehamilan. Kalau obat yang dikonsumsi mengganggu pembentukan sususnan saraf, anak dapat lahir lahir dangan kelainan yang berat.

Kehamilan bukan suatu alasan untuk menghentikan kegiatan olah raga Anda, sebaliknya oleh raga sangat penting sekali bagi ibu hamil, namun mengingat kondisi kehamilan, maka calon ibu harus berhati-hati dalam memilih jenis olahraga. Berikutnya beberapa jenis olah raga yang disarankan selama masa kehamilan :

Senam Kegel

Senam kegel akan membantu anda memelihara dan memperkuat otot-otot vagina yang nantinya akan membantu anda dalam prosees mengejan saat persallinan, anda dapat melatih otot-otot vagina dengan cara berpura-pura menahan keinginan untuk buang air kecil. Tahan beberapa saat, lalu lepaskan, lakukan berulang kali.


Berenang

Berenang akan membantu ibu hamil memelihara otot dan menekan pembentukan lemak tanpa menyebabkan tekanan yang kuat pada persendian, namun tidak disarankan untuk menyelam.


Jalan kaki dengan santai

Lakukanlah jalan santai disekita rumah anada atau di taman, pada pagi atau sore hari. Dengan berjalan kaki, ibu hamil akan mendapatkan keuntungan seperti menguatnya otot kaki, mendapatkan udara segar, lepas dari kepenatan di dalam rumah, dan efeknya tidur akan lebih nyenyak dan aka bangun dengan kondisi lebih segar.


Yoga

Yoga disarankan bagi ibu hamil yang merasakan kegelisahan atau kecemasan, saat yoga anda akan diajarkan ternik bernafas, berkonsentrasi dan bermeditasi. Anda pun akan merasa lebih ringan dan lentur.

Saat anda aka melakukan olahraga, konsultasikan dulu anda kepada dokter dan instruksi olahraga, pada beberapa klub olahraga disediakan kelas khusus untuk ibu hamil. Selalu lakukan pemanasan sebelum melakukan olahraga, ingat, jangan memaksakan diri, lakukan olahraga cukup 15 menit hingga satu jam sehari. Jangan melebihi waktu maksimal, Apabila saat olahraga anda merasa pusing, mual, flek atau pendarahan segera hubungi dokter.


Perkembangan Janin dan ibu selama kehamilan


Umumnya calon ibu merasakan kehamilan ketika memasuki munggu kedua kehamilan, dimana saat ini ibu mulai merasakan keluhan morning sicknes seperti mual, muntah, penciuman lebih sensitive. Begitu anda merasakan kehamilan segeralah cek ke dokter kandungan, untuk memastikan kehamilan anda dan untuk mengetahui hal-hal apa yang harus anda perhatikan, mulailah membaca buku-buku mengenai kehamilan, tentuanya anda akan merasa lebih tenang bila daoat membayangkan dan mengenali perubahan dan perkembangan yang terjadi pada anda dan janin anda. Berikut kami sajikan perjalanan perkembangan janin dan ibu selama kehamilan.


BULAN PERTAMA


Perkembangan Janin :

Pada minggu awal buah hati anda bernama Zigot, ia akan terus membelah dan akan bergerak menempel ke dinding rahim (endometrium) ibu, pada minggu ke-3 ia berubah bentuk menjadi embrio, yang selanjutnya akan disebut janin. Mulai minggu ke-4, jantung janin anda mulai berdetak.


Gejala dan Keluhan Ibu :

Pada saat ini Hormon hCG (Hormon kehamilan) mulai masuk kedalam darah, ibu akan merasakan oayudara mengeras, diikuti rasa gatal dan nyeri, mulai muntah di pagi hari (morning sickness), ibu juga akan merasakan produksi lendir vagina lebih banyak, ini adalah cara tubuh untuk memberitahukan kehadiran sang buah hati.


Tips mengalami keluhan muntah :

Minum teh manis dan hangat, seta biskuit begitu bangun pagi

makan dalam porsi kecil tapi sering (5-6x sehari), jangan biarkan perut kosong

Hindari wewangian yang menyengat

Hindari makanan yang berlemak, pedas, asam dan berbumbu tajam

jika anda muntah, minumlah air dalam jumlah banyak. Atau minumlah air jahe dicampur dengan madu dan teh mint.


Tambahan lain :

Bila mual, muntah sangan mengganggu, anda dapat meminta obat antimual kepada dokter & konsumsi vitamin B6 untuk mengurangi rasa mual

Mulailah mengkonsusmsi vitamin asam folat (B9) dengan teratur minimal 600 mcg/hari dan rutinlah konsumsi mineral zat besi.


BULAN KEDUA


Perkembangan Janin :

Janin mulai memasuki masa emas pembentukan otaknya, otak akan berkembang sangat pesat, jantungnya pun sudah membentuk empat rongga dan sistem peradaran darah mulai berfungsi dengan baik, saat ini janin berukuran 6 mm, sangat kecil namun bila dilihat melalui USG janin sudah membentuk kepala dan badan terbentuk seperti pembentukan lubang hidung, bibir, mulut serta lidah.


Gejala dan keluhan ibu :

Rahim mulai membesar, saat ini ibu akan mulai merasakan keram dan nyeri di perut, Payudara ibu akan semakin besar dan puting ibu menjadi lebih sensitive, sekeliling puting akan menggelap dan membesar. Pada akhir bulan keuda ibu mulai merasakan ngidam


Tips Mengatasi :

Untuk membantu mengurangi kram dan nyeri perut berbaringlah kearah berlawanan dengan bagian yang sakit.

Samapai saat ini ngidam masih merupakan misteri apakah benar harus diikuti atau tidak, namun bila ngidam sesuatu yang baik, tentunya baik juga untuk dipenuhi. Bijaklah dalam mengatasi ngidam


BULAN KETIGA


Perkembangan Janin

Banyak perubahan terjaddi pada janin anda, dan yang dapat membuat anda merasa semakin dekat dengannya adalah buah hati anda mulai dapat bergerak, bentuknya mulai menyerupai manusia utuh, telinga, jari-jemari, dan alat kelaminnya mulai terbentuk, janin anda dapat mulai menguap dan ia pun mengangkat kepalanya lebih tegak. Janin anda saat ini adalah kira-kira 28 g dengan panjang 8 cm.


Gejala dan Keluhan Ibu :

Akan terjadi perubahan pada kulit ibu seperti timbulnya bercak pada wajah dan leher, serta garis-garis pada perut, pada beberapa ibu mungkin terjadi mimisan karena terjadi pelebaran pembuluh darah.


Tips Mengatasi :

Bila anda terus mimisan konsultasikan ke dokter

Relaksasi, positif thinking


Tambahan Lain :

janin sudah diajak berkomunikasi. Mendengarkan musik, berbicara dengan lembut akan membuat bayi tenang dan tumbuh dengan baik, sebaliknya bila ibu cemas berlebihan, stres, hal ini jugab dapat dirasakan oleh bayi.

Menginjak masa hamil minggu ke-10, ibu masih belum membutuhkan gaju hamil, namun ibu mungkin merasakan bahwa apakaian atau baju sehari-hari mulai terasa tidak nyaman atau terasa ketat dan bra ibu mulai terasa sempit akibat dari pembesaran payudara. Untuk mengatasi hal tersebut, pakailah celana yang memiliki karet elastis pada bagian pinggang, ibu dapat membeli bra baru yang nyaman (ukuran payudara dapat meningkat 1-2 ukuran) dan pakailah pakaian yang longgar.



BULAN KE EMPAT


Perkembangan Janin

Janin terus mengembangkan panca idranya, pada jari tangan dan kaki muncul garis-garis sidik jari, janin makin aktif menggerakkan badannya dan mampu menghisap jarinya, indra pendengaran mulai berfungsi, perkembangan otak terus meningkat. Berat Janin 30 g.


Gejala dan Keluhan Ibu :

Gejala morning sicknes menghilang, sebaliknya akan timbul rasa lapar sepanjang hari, waspadai kenaikan berat badan, diharapkan kenaikan berat badan berkisar antara 4,5 – 6 kg. Denyut jantung juga akan meningkat sekitar 20%. Pertambahan berat badan yang pesat ini menimbulkan nyeri di punggung. Karena perubahan hormon pada beberapa ibu hamil pada masa ini mengalami gangguan kulit dan sembelit.


Tips Mengatasi :

Bila nafsu makan anda sangat berlebihan, tetao jaga pola makan seimbang, kontrol asupan lemak dan gula. Bila amda masih merasa lapar, konsumsi buah dan sayuran sebagai cemilan. Untuk mengurangi rasa nyeri dipunggung, aturlah tidur anda dalam posisi miring, bila ingin beranjak dari tempat tidur, bergeraklah perlahan, dengan satu tangan sebagai penopang cobalah untuk duduk, sambil kaki digerakkan turun ke sisi samping tempat tidur, duduklah sejanak, kemudian dengan kedua tangan sebagai penopang bergeraklah untuk berdiri.


Tambahan Lain :

Sebaiknya anda kembali kontrol ke dokter untuk mengevaluasi kenaikan berat badan, USG untuk mengetahui letak janin dan pertumbuhan ukurannya, sera untuk mendeteksi dini bila terjadi komplikasi atau kecacatan pada bayi.



BULAN KE LIMA


Perkembangan Janin :

Wajah bayi semakin sempurna, kelopak mata  mulai bergerak, tulang telinga semakin kuat pertanda kemampuan mendengar semakin baik, alat reproduksinya mulai berkembang. Paru-paru dan sistem imunnya berkembang pesat pada masa ini. Panjang janin kira-kira 25 cm panjang dan mempunyai berat 340 g.


Gejala dan Keluhan Ibu :

Perut ibu akan semakin membesar menyebabkan tekanan pada panggung, usu dan kandung kemih, akibatnya ibu akan merasakan nyeri panggul, sembelit makin menjadi dan sering merasa ingin buang air kecil. Pada perut ibu akan mulai muncul garis-garis stretch mark. Payudara ibu akan mulai menghasilkan colustrum (cairan susu) berwarna kuning keruh yang akan sangat diperlukan bayi.


Tips Mengatasi :

Jangan memaksakan diri untuk beraktifitas bila badan terasa pegal dan nyeri pinggang, beri kompres hangat pada punggung, lakukan olahraga rigan seperti jalan, berenang atau senam lakukan dengan santai


Tambahan Lain :

Ajak janin anda berinteraksi untuk menstimulasi perkembangannya anda dapat mendengarkan musik dan membaca cerita, janinpun sudah dapat menangkap suara ayah yang dibisikan ke perut ibunya.


Waspadai Gejala Anemia :

Pucat, lemas, pusing, berkunang-kunang, Konsumsi zat besi, vitamin B dan C untuk meningkatkan hemoglobin ibu.



BULAN KE ENAM


Perkembangan Janin :

Perkembangan sistem saraf janin makin optimal, saraf-saraf pergerakan dan pendengaran semakin baik, kelopak mata mulai terbuka, organ pencernaan dan pernafasan mulai berfungsim janin anda akan memutar tubuhnya hingga kepalanya seharusnya menghadap kebawah, kearah jalan keluar.


Gejala dan Keluhan Ibu :

Ibu akan mengalami masa perubahan uang menyenangkan dimana rambut dan kulit akan tampak berkilau dan kulit menjadi sangat lembut, pengaruh perubahan hormon pun akan membuat anda merasa gembira, namun jangan terkejut apabila muka ibu lebih sembab dan membengkak hal ini karena tubuh sudah mulai menyimpang air yang berlebihan.


Tips Mengatasi :

Sebaiknya ibu tidur dengan posisi miring, lakukanlah gerakan relaksasi, tenangkan pikiran. Walaupun terasa melelahkan untuk selalu bolak-balik ke kamar mandi, namun sangat tidak disarankan ibu mengurangi minum, dan jangan juga menahan keinginan BAK. Mulailah melakukan perawatan payudara.


Tambahan Lain :

Perkembangan saraf pendengaran dan pergerakan janin terjadi optimal, janin akan merespon dengan bergerak atau menendang bila mendengar suara anda, bahkan janin akan menggerakkan tubuhnya bila mendengarkan musik yang disukainya. Amda pun sebaiknya membalas setiap gerakan tendangan janin anda dengan menusap perut atau menyapanya.



BULAN KE TUJUH


Perkembangan Janin :

Otak janin makin sempurna, janin dapat mengingat apa yang didengar, dicium dan dirasakannya, pada saat ini janin akan menambah proporsi lemaknya, sehingga terjadi pertambahan berat badan minimal mencapai 1,1 kg, dan pertambahan panjang badan mencapai 38 cm, terjadi pertumbuhan rambut, alis dan bulu mata janin, hampir semua organnya terbentuk optimal.


Gejala dan Keluhan Ibu :

Perut akan semakin membesar, keluhan nyeri, pegal dan sakit kepala akan makin terasa, perkembangan rahim mulai menekan paru-paru sehingga ibu merasa agak sulit bernafas, ibu pun alan sering merasa kepanasan.


Tips Mengatasi :

Untuk mencegah dehidrasi semasa bekerja terutama ketika berada dalam ruangan ber AC, usapkanlah handuk basah pada muka, leher, dada, paha dan perut. Pakailah pakaian yang longgar.


Tambahan Lain :

Ikutlah senam kehamilan untuk mengatur pernafasan, melatih otot untuk persalinan, namun konsultasikan terlebih dahulu pada dokter anda, apakah anda boleh melakukan senam hamil. Hindari perjalanan jauh, terutama bepergian dengan pesawat. Cukupilah tidur minimal 6 jam per hari, bia anda sulit tidur siasati dengan minum banyak disiang hari, makan snack menjelang tidur agar terhindar dari rasa lapar di tengah malam, tidur pada jam yang teratur. Pada saat tidur, angkat sedikit kaki dan letakkan beberapa bantal di bawahnya.


BULAN KE DELAPAN


Perkembangan Janin :

Janin telah mencapai ukuran yang setara dengan ukuran siap dilahirkan, saat ini janin memasuki tahap akhir  

pembentukannya, lapisan lemak menebal, tulang mengeras, jari tangan dan kaki mengepal, mata telah mampu merespon cahaya, pendengarannya telah terbentuk sempurna. Beratnya telah mencapai minimal 1,6 kg, panjang 42 cm.


Gejala dan Keluhan Ibu :

Tubuh ibu mulai mengumpulkan energi untuk persalinan, kandungan yang semakin membesar menekan paru-paru menyebabkan ibu bernafas tersengal-sengal, ibupun sulit berkonsentrasi dan mudah lupa, kecemasan karena memikirkan persalinan membuat ibu makin sulit berkonsentrasi.


Tips Mengatasi :

Bila ibu sulit bernafas, duduklah dengan tegap, saat berbaring angkat kedua lengan keatas kepala. Untuk meningkatkan konsentrasi, seringlah membaca, disarankan untuk membaca buku tentang kehamilan dan persalinan untuk mengurasi kecemasan ibu. Lakukanlah refreshing, manjakan diri anda, rekreasi untuk mengurasi stres.



BULAN KE SEMBILAN


Perkembangan Janin :

Janin memasuki bulan terakhirnya, janin normal memiliki panjang 45-55 sm, dengan berat badan 3-3,25 kg, janin normal memiliki posisi kepala berada dibawah memasuki jalan keluaranya, pantat diatas, janin pun terus aktif bergerak, kulit semakin sempurna menjadi warna putih kemerahanatau merah agak gelap. Ciri seksualnya pun sudah sempurna. Mencapai usia 36 minggu janin sudah siap dilahirkan. Rambutnya tumbuh dengan lebat dan bertambah sebanyak 5 cm. Kuku lembut telah terbentuk pada ujung jari tangan dan kaki.


Gejala dan Keluhan Ibu :

Masuknya kepala janin ke jalan lahir menyebabkan tekanan pada saraf disekitar panggul ibu, menyebabkan rasa nyeri, bila ibu bekerja sebaiknya mulai minggu ke-36 pula sewajarnya sudah mengambil cuti dan istirahat di rumah.


Tips Mengatasi :

Senantiasa angkat kaki dan letakkan di atas bantal ataupun objek tinggi untuk mencegah varises (pelebaran pembuluh darah di kaki) den bengkak kaki.


Tambahan Lain :

Untuk Menyambut kelahiran, pastikan segala perlengkapan untuk melahirkan telah siap dikemas dan diletakkan di tempat yang mudah diambil.



MIGGU KE 40


Ini adalah minggu terakhir kehamilan, calon ibu tentu merasa tidak tenang, was-was pada minggu ini, pada bagian perut akan terasa tegang dan sedikit gatal, dan kebas pada kaki.



Materi tentang kehamilan yang dapat dibaca :
MerencanakanKehamilan



0 komentar:

Search

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | GreenGeeks Review